• 06 September 2023
  • 233 Pembaca

DEDARI GOES TO SCHOOL HADIR LAGI, BERIKAN EDUKASI MENGENAI KESEHATAN JIWA DI SMAK GIOVANNI KUPANG

(05/09) Salah satu program rutin RSIA Dedari yaitu Dedari goes to school hadir kembali. Kali ini SMAK Giovanni kupang menjadi tujuannya. Psikiater di Poli Klinik Jiwa RSIA Dedari dr. D. A. P. Shinta Widari Sp.KJ., MARS menyampaikan edukasi mengenai “Perkembangan Remaja serta Manajemen Stres” bagi 250 siswa yang hadir di aula sekolah pukul 09.00 WITA.

Edukasi ini dilaksanakan dalam rangka menyambut dies natalies ke-61 SMAK Giovanni Kupang. RD. Stafanus Mau, Pr selaku Kepala Sekolah dalam kata sambutannya mengapresiasi kegiatan edukasi kesehatan jiwa bersama Psikiater.

Kedepannya, RD. Stef berharap edukasi ini tidak hanya untuk siswa/i saja tapi orang tua dan guru-guru bisa mendapatkan edukasi yang sama sebagai bekal kerja sama dalam mendidik anak-anak.

Setelah mendengarkan materi, para siswa antusias memberikan pertanyaan. diantaranya siswa Yasinta, yang bertanya mengenai gejala psikosomatis yang ia rasakan. Putra, yang bertanya mengenai tidur berkualitas di malam hari dan tidur siang yang tidak bermanfaat.

Ada siswa lain yang bertanya mengenai remaja yang tidak bisa menyelesaikan permasalahannya sendiri sehingga melakukan self-harm.

dr. Shinta mengatakan bahwa perilaku self-harm atau tindakan melukai diri sendiri dapat berupa menyayat tangan menggunakan silet, memukul dan mencubit badan sendiri, hingga membenturkan kepala ke tembok.

Lebih lanjut, dr. Shinta menjelaskan bahwa segala bentuk respon emosional harus segera diungkapkan atau diekspresikan, namun dengan cara yang sesuai sehingga tidak merugikan orang lain maupun diri sendiri.

Penting untuk segera mengekspresikan respon emosional karena jika lama dipendam dan ditekan ke alam bawah sadar, maka akan membahayakan diri sendiri.

Menangis, pergi ke tempat yang menenangkan seperti pantai, dan menggambar/melukis adalah cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengekspresikan respon emosional kita.

Edukasi Kesehatan Jiwa diakhiri dengan relaksasi singkat oleh dr. Shinta Widari, Sp.KJ., MARS. Bagi murid-murid yang hadir.

Jika seseorang melakukan tindakan self-harm jangan dianggap sepele karena itu berarti ia membutuhkan pertolongan

dr. Shinta Widari, Sp.KJ., MARS adalah Psikiater di Poli Jiwa RSIA Dedari dapat ditemui setiap hari Kamis pukul 15.00 – 17.30 WITA dan di Klinik Jiwa Dewantha Mental Healthcare hari Senin-Sabtu Pukul 09.00-14.00 WITA.

 

 

Komentar